Objek adalah elemen dasar dan inti dari setiap game yang dibuat menggunakan GDevelop, game engine yang mudah digunakan dan tanpa kode (no-code). Segala sesuatu yang Anda lihat dan interaksikan di layar game, mulai dari karakter, musuh, latar belakang, hingga teks dan efek khusus, semuanya adalah objek.
Objek adalah elemen fundamental yang memungkinkan Anda membangun pengalaman game yang interaktif dan menarik. Dengan memanipulasi properti, menambahkan perilaku (behaviors), dan menggunakan sistem event pada objek, Anda dapat mendefinisikan bagaimana elemen-elemen tersebut akan:
- Terlihat (gambar, animasi, teks).
- Berinteraksi (tabrakan, pergerakan, input pengguna).
- Bereaksi terhadap kondisi dalam game.
Properti dan Fungsionalitas Objek
Setiap objek memiliki serangkaian properti umum dan spesifik jenis yang dapat Anda ubah:
- Koordinat (X dan Y): Menentukan posisi horizontal (X) dan vertikal (Y) objek di scene (layar game).
- Skala dan Sudut: Mengontrol ukuran (lebar dan tinggi) dan orientasi (rotasi/sudut) objek.
- Variabel Objek: Wadah data yang melekat pada setiap instance (salinan) dari objek. Ini memungkinkan setiap musuh memiliki nilai health yang berbeda atau setiap koin memiliki nilai poin yang berbeda.
Cara membuat Objek
- Silahkan buka projek GDevelop yang telah anda buat sebelumnya.
- Masuk ke bagian Objek. di Scane objekct klik tanda + Add Objekt sehingga tampil deretan objek. Pilih New Object From Scratch. Nanti akan ditampilkan deretan objek.
GDevelop menawarkan berbagai jenis objek yang masing-masing dirancang untuk tujuan tertentu. Berikut adalah beberapa jenis objek yang paling sering digunakan:
Sprite : Objek yang paling umum digunakan.
Digunakan untuk menampilkan gambar tunggal atau serangkaian gambar (animasi). Ideal untuk karakter pemain, musuh, tombol, atau elemen grafis bergerak lainnya. Anda dapat menggunakan alat Piskel bawaan GDevelop untuk membuat sprite sendiri.
Text :Digunakan untuk menampilkan teks di layar.
Sempurna untuk menampilkan skor, pesan, instruksi, atau HUD (Head-Up Display) lainnya. Properti seperti ukuran font, warna, dan jenis huruf dapat disesuaikan.
Tiled Sprite :Objek yang digunakan untuk menampilkan gambar dalam pola ubin (tile).
Berguna untuk membuat latar belakang yang dapat diulang (misalnya, lantai atau dinding yang luas) tanpa harus membuat satu gambar besar. Ukurannya dapat diskalakan dengan mudah.
Panel Sprite ("9-patch")
Objek khusus untuk membuat panel, jendela, atau tombol yang dapat diubah ukurannya tanpa meregangkan sudut dan tepian gambar. Ini menjaga kualitas visual saat elemen UI diubah ukurannya.
Particle Emitter (2D/3D): Digunakan untuk membuat efek visual khusus seperti api, asap, percikan, atau salju.
Memungkinkan kreasi efek yang dinamis dan menarik.
- Silahkan pilih salah satu dari jenis objek yang ditawarkan. Contoh disini kita akan membuat Background dengan Tiled Sprite. Pilih objek ini. Pada halaman yang muncul silahkan buat nama projek menjadi Background. Cari gambar di PC anda dengan menekan tombol Replace. Setelah itu anda dapat menentukan ukuran Tinggi dan lebar Gambar. Jika sudah klik Aply.
Sekarang di Scane objek telah bertambah sebuah objek dengan nama Background. Silahkan anda seret objek tersebut ke dalam scene dan tarik titik kotak di gambar untuk menyesuaikan ukuran gambar dengan area scene. Anda juga dapat mengatur posisi objek di properties yang tampil di sebelah dengan mengganti nilai X,Y dan lain sebagaiknya.
- Menambahkan Teks: Kembali ke Scane Object dan lakukan atau klik + Add New Object. Pilih Teks pada daftar objek yang muncul.
Kesimpulan
Objek adalah jantung dari proyek GDevelop Anda. Dengan memahami berbagai jenis objek, properti yang dapat disesuaikan, dan bagaimana behaviors serta events dapat memanipulasinya, Anda memiliki semua yang dibutuhkan untuk mewujudkan ide game Anda.
Pelajari lebih lanjut tentang jenis-jenis objek dalam Video Penjelasan Semua Objek di GDevelop. Video ini menjelaskan semua jenis objek bawaan di GDevelop dan kegunaannya secara singkat, yang sangat membantu bagi pemula.

0 Komentar