Aritmatika : Bagaimana membuat Game Aritmatika di Scratch?

 Anda dapat membuat game aritmatika di Scratch dengan menggunakan blok-blok kode untuk menghasilkan soal, memeriksa jawaban, dan melacak skor. Intinya adalah membuat variabel untuk menyimpan angka, jawaban, dan skor, lalu menggunakan operator aritmatika untuk membuat soal secara acak.

    Materi kali ini kita akan membahas tentang Blok Variabel dan blok operator di scratch. Blok variabel berguna untuk menampung nilai yang diinputkan oleh pengguna, sedangkan blok Operator merupakan logika yang biasa digunakan untuk aritmatik seperti penjumlahan, pengurangan dan untuk pembanding "seperti besar dari", "sama dengan".

    Sekarang kita mencoba latihan sederhana untuk membuat permainan penjumlahan. Dimana di dalam permainan ini terdapat 2 variabel yang akan kita jumlahkan. Yaiut variabel X dan variabel Y.

berikut langkahnya:

Persiapan

  • silahkan buka scratch
  • tambahkan sebuah karakter yang anda sukai, seperti kelelawar
  • tambahkan Event When clicked dan even forefer.
Membuat Variabel X dan Y
    Buka Blok Variable dan pilih "make a Variable". 
  • Variabel X: Silahkan isi Nama variabel dengan " Nilai X". 
  • Variabel Y: Lakukan hal yang sama dan beri nama variabel ke 2 dengan "Nilai Y".
  • Masih di Block Variable centang Nilai X dan Y yang terdapat di bawah make a variable.
    Sekarang perhatikan pada area Stage terdapat 2 variabel di sisi kiri atas.

    Selanjutnya kita akan membuat operator. Untuk membuat operator kita akan menambahkan teks pada karakter kita, seperti "silahkan masukkan nilaiX/Y.
  • Buka blok Sending dan pilih Ask "What's your name" and wait. ini berguna agar terdapat interaksi antara pengguna dengan karakter. Silahkan ganti teks menjadi "Masukkan Nilai X!".
  • Buka blok variabels dan seret "set Nilai X to 0.
  • Sekarang buka blok sensing dan serte blok Answer ke dalam nilai 0 yang ada di set nilai x to 0 tadi.
  • Lakukan hal yang sama untuk nilai Y.
    Membuat Operator
  • Buka Looks dan seret blok Say Hello for 2 secont.
  • Buka operator dan seret Join Apple Banana. Ganti Teks Apple dengan "Hasil = ".
  • Masih di operators, seret operator plus ( 0 + 0) ke dalam banana.
  • Masuk ke variable. Seret nilai X ke dalam nilai operator pertama dan nilai y ke nilai operator ke 2.
    Berikut bentuk susunan blok programnya:

    Sekarang jalankan program anda. Coba masukkan angka pada form input. dan perhatikan hasil yang muncul.



    Bagaimana, Menarik Bukan?

Posting Komentar

0 Komentar