Membuat Interaksi Percakapan Pemain Dengan Karakter di Scratch

    Antara pemain dan karakter di dalam sebuah Game sudah tentu bisa terjadi interaksi. Interaksi ini bisa berbagai jenis, seperti interaksi perintah dalam bentuk aksi user pada keyboard, atau interaksi suara. Kali ini kita akan mencoba membuat user/pemain bisa berinteraksi dengan karakter di game menggunakan keyboard. Dimana pemain dapat mengetikkan kalimat.

    Untuk membuat interaksi percakapan antara pemain dan karakter di Scratch, Anda bisa menggunakan kombinasi blok "say" dan "ask and wait" di kategori Looks dan Sensing. Awali dengan karakter yang menggunakan blok "say" untuk menyapa pemain, misalnya "Halo, nama saya Budi. Siapa nama kamu?". Setelah itu, gunakan blok "ask and wait" dengan pertanyaan yang sama, seperti "Siapa nama kamu?". Jawaban dari pemain akan disimpan secara otomatis dalam variabel "answer". Anda kemudian bisa menggunakan blok "say" lagi untuk karakter yang menampilkan respons yang dipersonalisasi, menggabungkan teks dengan variabel "answer". 

Mari Kita Mulai.

  • Buka dan buatlah sebuah projek baru di Scratch. Silahkan pilih salah satu karakter yang disediakan oleh Scratch. Contoh disini kita pilih karakter "BAT" atau "Kelelawar".
  • Tambahkan blok Event When Clicked, agar aksi terjadi ketika dimulai permainan.
  • Tambahkan block Looks "say hello for 2": Ini akan menampilkan percakapan pertama kali. Silahkan rubah teksnya, menjadi "Hai, Apa kabar". Anda juga bisa set nilai, tergantung berapa lama teks ditampilkan.
  • Tambahkan blok sensing "Ask what's your name and wait": Blok ini meminta agar pemain melakukan interaksi dengan karakter dalam bentuk input. Anda bisa ganti teks menjadi "Siapa nama kamu? ". atau lainnya sesuai dengan keinginan anda.
  • Tambahkan block Looks "say hello for 2": Ini berfungsi sebagai jawaban dari pemain.
  • Tambahkan block operators "join apple banana",: Ganti teks join menjadi "nama saya ".
  • Tambahkan block sensing "answer". Letakkan block ini di atas teks banana sebelumnya. Block ini berfungsi untuk menyimpan data input dari pemain.
    


    Sekarang jalankan Proyek anda. Coba ketikan teks pada form input yang muncul. Apakah karakter kelelawar bisa berinteraksi dengan anda?
    Anda bisa melanjutnkan projek ini dan melakukan modivikasi terhadap karakter, seperti memberikan anmiasi karakter bergerak.


Posting Komentar

0 Komentar