Menganl Antarmuka halaman Dashboard
Bila anda sudah sampai di artikel ini pastinya anda sudah membuat sebuah akun di scratch. Anda dapat membaca artikel sebelum jika belum memiliki akun. Materi ini akan membahas antarmuka dari scratch serta membuat projek pertama kita. Projek pertama yang akan kita buat adalah projek karakter berbicara.
- Membuat Halaman Baru:
Untuk Scratch memiliki 8 tombol di lembar kerja awal, yaitu :
- Bahasa : Anda dapat merubah bahasa untuk tampilan dashborad dengan memilih bahasa yang telah disediakan.
- Menu bar : Berisi fitur-fitur yang berfungsi untuk pengembangan proyek. disini juga berisi file untuk membuat nama proyek.
- Blok pelete/Kode: Kumpulan perintah yang tersusun dalam kategori, sperti gerak, tampilan dan kontrol
- Area script : Susunan blok kode untuk membentuk logika program
- Stage : Area di mana proyek Anda berjalan.
- Sprite list : Karakter atau objek yang dapat Anda program.
- Sprite baru : Untuk menambah/mengganti karakter.
- Latar : Mengganti latar belakang.
Menu Navbar
- Merubah Nama Proyek : Secara default nama proyek anda adalah Untitled (Terdapat pada bagian menu bar). Silahkan anda klik text Untitled tersebut dan ganti namanya. Contoh "Latihan_Scratch".
- Menyimpan Proyek: Setiap anda bekerja pastikan proyek anda tersimpan. Jika tidak maka setiap perubahan pada proyek akan hilang. Klik Menu File pada navbar dan pilih "Save Now". Lakukan hal ini setiap anda selesai mengerjakan proyek.
- Menghapus Proyek: Jika anda ingin menghapus proyek yang sudah di buat, silahkan pilih nama akun anda yang ada di menu navbar sebelah paling kanan. Pilih My Stuff. Muncul daftar proyek yang sudah dibuat. Klik delete untuk menghapus proyek anda.
Desain Stage
- Mengganti karakter/Sprite : Secara default Scratch memberikan objek sprite berupa kucing. Anda dapat mengganti objek ini dengan mengklik tombol sprite baru yang di tunjukkan pada no 7. Silahkan pilih salah satu karakter yang anda inginkan. Anda dapat menghapus sprite kucing tadi dari Sprite list(no 6).
- Menampilkan Background : Latar putih yang ada di area stage bisa kita ganti dengan gambar atau background. Anda dapat memilih Latar ( No 8). Tampil daftar gambar. Silahkan pilih salah satu gambar yang anda inginkan.
Berikut Hasilnya.
Setelah anda berhasil merubah objek dan background mari kita bermain dengan scriptnya. Jangan kwatir, disini kita tidak akan menetikan program. Kita cukup menggunakan blog code yang sudah di sediakan.
Setiap kali anda memulai script selalu gunakan Event (lihat pada Blog Pelete). Ada banyak jenis Event, anda bisa memilih salah satu saja sesuai kebutuhan. Event merupakan kejadian yang terjadi pada objek, seperti klik, atau kejadian ketika keyboard ditekan maka objek bergerak. atau lain sebagainya. Oke, mari kita praktekkan saja.
Objek Berbicara.
- Aktifkan Objek yang akan di beri script. Klik Objek di area Sprite. Disini kita menggunakan objek pinguin.
- Di Blog Pelete pilih Event. Gunakan Even When Clicked (yang ada icon bendera) dengan cara klik dan drag ke Area Script.
- Pilih Blog Looks seret blok "Say Hello! For 2 Secon" ke Area Script. Anda dapat ganti nilai menjadi lebih atau kurang 2 detik. Silahkan Ganti juga teks hello. Letakkan di bawah blok bendera hijau.
- Klik bendera hijau di atas panggung, dan karakter Pinguin Anda akan "berbicara"!
Bagaimana, Apa anda berhasil melakukannya sejauh ini? Silahkan anda masukan 2 karakter ke dalam stage. Sekarang kita akan membuat 2 karakter tersebut saling berbicara. Contoh disini kita tambahkan karakter satu lagi yaitu "Beruang". Berikut Langkahnya:
- Masuk Ke Blok Control dan tambahkan Control "Wait". Letakkan di bawah Looks Say yang tadi di buat. Anda bisa tambahkan 1 Looks "Say Hello! 2 Secon" lagi.
- Klik karakter Beruang di "list Sprit". Tambahkan Blok When Clicket, blok Wait (2 second), blok say hello 2 secon, blok wait 2 secon, dan blok say hello 2 secon. Berikut susunannya:
Untuk membuat ceritanya menarik, maka buat terlebih dahulu teks ceritanya. Lalu bagaimana agar tampilan karakter berganti-gantian. Berikut bentuk susunannya. Kita bisa tambahkan Blok Show dan Hidden. Blok ini berada di Looks. Berikut bentuk susunan blok script nya:
Agar percakapan terlihat menarik, anda bisa mengatur sprit/objek di area stage.
Selamat Mencoba dan jangan lupa untuk menyimpan pekerjaan anda.



0 Komentar