Daripada membuat karakter dari awal, Anda bisa memanfaatkan koleksi karakter yang sudah tersedia di Scratch. Platform ini menawarkan beragam pilihan karakter atau 'sprite' siap pakai yang mencakup berbagai tema, mulai dari hewan, manusia, hingga objek fantasi. Setiap karakter biasanya sudah dilengkapi dengan beberapa kostum yang berbeda, memungkinkan Anda untuk membuat animasi dasar tanpa perlu menggambar setiap gerakan satu per satu. Anda hanya perlu memilih karakter yang sesuai dengan alur cerita atau game yang ingin Anda buat, lalu tambahkan blok kode untuk membuatnya bergerak, berbicara, atau berinteraksi dengan karakter lain di atas panggung. Pilihan ini sangat membantu, terutama bagi pemula, karena menghemat waktu dan memungkinkan Anda untuk langsung fokus pada aspek pemrograman dan logika dari proyek Anda.
Bagi Anda yang lebih suka berkreasi, Scratch juga memberikan kebebasan penuh untuk mendesain karakter sendiri. Di dalam platform ini, terdapat editor gambar bawaan yang intuitif dan mudah digunakan. Dengan alat-alat sederhana seperti kuas, garis, dan bentuk geometris, Anda bisa menggambar karakter dari nol, menyesuaikan setiap detail, dan bahkan membuat beberapa versi kostum untuk setiap gerakan atau ekspresi. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mewujudkan ide-ide unik Anda, menciptakan karakter yang benar-benar orisinal, dan membuat proyek Anda terasa lebih personal.
Dari mana memulainya?
1. Tentukan Konsep Dasar Karakter
Sebelum mulai menggambar, pikirkan dulu siapa karakter yang ingin Anda buat. Jawablah beberapa pertanyaan ini:
- Siapa dia? (Misalnya: seorang pahlawan, robot penolong, atau hewan ajaib.)
- Apa kepribadiannya? (Contoh: ceria, pemalu, atau pemberani.)
- Apa tujuannya? (Contoh: mencari harta karun, menyelamatkan dunia, atau hanya sekadar bertualang.)
2. Buat Sketsa Sederhana
Anda tidak perlu langsung membuat gambar yang detail. Cukup gunakan pensil dan kertas atau aplikasi sketsa digital untuk menggambar sketsa kasar. Cobalah buat berbagai bentuk tubuh, ekspresi wajah, dan pose yang berbeda. Pada tahap ini, fokuslah pada ide dan bentuk, bukan pada kesempurnaan.
3. Pilih Ciri Khas
Setiap karakter yang menarik pasti punya ciri khas yang membuatnya unik dan mudah diingat. Pikirkan apa yang membuat karakter Anda berbeda. Misalnya:
- Apakah dia memakai topi besar atau kacamata aneh?
- Apakah ada detail khusus pada pakaiannya, seperti jubah dengan pola unik atau sepatu bot raksasa?
- Apakah bentuk matanya, hidungnya, atau telinganya berbeda dari karakter lain?
4. Tentukan Palet Warna
Warna sangat penting untuk memberikan "nyawa" pada karakter Anda. Pilih beberapa warna utama yang akan mendominasi desain. Pikirkan juga makna di balik warna-warna tersebut, karena warna bisa mencerminkan kepribadian karakter. Contoh:
- Warna-warna cerah seperti kuning dan oranye cocok untuk karakter yang ceria.
- Warna gelap seperti ungu atau hitam sering digunakan untuk karakter misterius atau jahat.
Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa langsung memulai proses menggambar karakter di Scratch dengan menggunakan editor gambar yang sudah tersedia. Jangan takut untuk mencoba dan bereksperimen, karena proses desain adalah proses yang menyenangkan.
Desain Karakter
Sekarang mari kita mulai membuat desain sebuah karakter sederhana. Disini kita akan membuat animasi seekor laba-laba. Berikut langkah-langkah untuk membuat karakternya:
- Silahkan buat proyek baru di Scratch.
- Klik New Sprite dibagian kanan bawah dengan icon kucing. Ambil menu "Paint".
- Muncul halaman Costum. Dihalaman inilah kita akan membuat karakter.
Penjelasan:
- Toolbar : Merupakan seperangkat tools yang dapat digunakan untuk membuat desain karakter.
- Color : Merubah warna pada karakter, baik warna fill (Warna di dalam objek) atau outline (warna pinggir objek).
- name : Nama untuk masing-masing karakter
- bar : Seperangkat menu yang berfungsi untuk merubah desain karakter yang telah dibuat
- area : Merupakan area untuk membuat bentuk objke.
- list : Merupakan daftar karakter yang telah dibuat.
- Gunakan tool cicle (lingkaran) untuk membuat kepala, tubuh dan ke dua mata laba-laba.
- Gunakan line untuk membuat kaki laba-laba.
- Anda dapat menggunakan Reshape untuk menggeser titik pada sudut objek atau membentuk lengkungan pada objek. Jika anda ingin objek melengkung dapat menggunakan tool yang ada di bar.
- Setelah desain laba-laba selesai, silahkan ganti name dari costume1 menjadi "laba-laba_a".
- Jika sudah siap anda dapat merubah gambar menjadi Bipmap. Ini opsion saja. klik Confert to Bipmap (opsion).
- Klik icon kucing di bagian bawah sebelah kiri halaman costum dan pilih paint, sehingga anda memiliki 2 list costum.
- Beri nama halaman kedua dengan "laba-laba_b". Perhatikan perbedaan ke dua gambar ini terutama pada bagian kakinya. dimana pada laba-laba A kaki lebih tinggi dari laba-laba B. Ini akan memberikan Efek Animasi.
Nah bagaimana menjadikan karakter laba-laba kita ini dalam bentuk animasi? Sekarang silahkan masuk ke halaman Code. Susun Block Kode berikut:
Terakhir silahkan jalankan animasi karakter anda..
0 Komentar